Beranda » Blog » Hadrah Khassah Bersama Syekh Idris Al Fihri Al Fasi

Hadrah Khassah Bersama Syekh Idris Al Fihri Al Fasi

Diposting pada 21 August 2022 oleh admin / Dilihat: 28 kali / Kategori:
Foto KH Danial Nafis bersama Syekh Idris Al Fihri AL Fasi

Foto KH Danial Nafis bersama Syekh Idris Al Fihri AL Fasi

Hadrah Khassah

Jakarta, Bertasbih.id – Zawiyah Arraudhah menggelar Acara Hadrah Khassah bersama Maulana Syekh Dr. Idris al Fihri al Fasi didampingi oleh Khadim Zawiyah KH. Muhammad Danial Nafis Hafizhahullahu dan Pengawas Zawiyah KH. Ahmad Marwazie Hafizhahullahu pada Jumat (19/8) malam.

Acara yang dimulai dengan Salat Isya berjamaah, Pembacaan Khomsatus Suroh, Hadroh Dzikir Munajat, lalu ditutup dengan Tausiah, Taujihat dan doa dari Syekh Idris. Dalam kesempatan ini, Syekh Idris menjelaskan bahwa makna yang terkandung dalam Kalimat Tahlil ialah mengumpulkan rahasia kebahagian dunia dan akhirat, dan rahasia yang bisa menerangi pembacanya, sebagaimana yg disampaikan oleh Imam Ibnu Asyir dalam Kitab Akidahnya.

Beliau juga menjelaskan, Allah menjadikan tiga sungai (metode) bagi hamba yang beriman untuk membersihkan dan menyucikan jiwanya. Karena Orang yang bersih dari sifat tercela dan dosa akan dimasukkan ke Jannah Naim. Kalau orang tersebut kotor maka akan dibersihkan terlebih dahulu baik dengan neraka akhirat ataupun neraka dunia (dengan diuji berbagai ujian). Karena tidaklah seseorang masuk ke surga kecuali Orang yang bersih (dari dosa dan sifat tercela).

Karena inilah, para Imam Tasawuf berkata: “Laa Thoriqoh illa Muhammadiyyah'”, bahwa seluruh Tarekat itu dinisbatkan kepada Baginda Nabi Muhammad _Shallalllahu ‘alaihi Wasallam_ . Dalam artian tarekat adalah mengerjakan dan melaksanakan apa yg diperintah dan menjauhi apa yg dilarang oleh Rasulullah Shallalllahu ‘alaihi Wasallam.

Bahwa orang yang melakukan laku tasawuf, maka harus mengikuti tingkah laku Rasulullah Shallalllahu ‘alaihi Wasallam. Beliau juga menjelaskan, apa yang diajarkan Rasulullah tidak hanya meliputi ucapan dan perbuatan, melainkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan rasa (batin), isyarat, kondisi batin dan rahasia-rahasia.

Sahabat Anas bin Malik ra. tidak hanya meniru dan mengikuti perilaku Rasulullah, tetapi juga mencintainya. Sehingga hati keduanya terhubung dan saling berkaitan.

Sayyidah Aisyah ra. berkata: Tidaklah aku melihat seseorang yang mirip (perangainya) seperti Rasulullah kecuali Sayyidah Fathimah al-Batūl.

Terkait kata “Thorīqoh”, Syaikh Idris menjelaskan bahwa kata tersebut bukanlah bentuk mu’annats dari akar kata Thorīq. Tetapi Thoriqoh adalah jalan menuju Allah swt. yg menjulur dari bumi ke langit, sehingga mengantarkan seorang salik yang di bumi naik ke langit.

Semua level/tahapan dalam seluruh tarekat dan penyucian jiwa adalah Taubat. Karena hakikat dari tarekat adalah metode menyucikan dan membersihkan jiwa dari perilaku buruk, dosa dan sifat tercela. Tindakan Taubat adalah ciri dari orang yang mengintropeksi dirinya. Orang yang enggan melakukan introspeksi dan enggan menyadari serta mengakui kesalahannya, akan sulit untuk memulai taubat. Barangsiapa yang bertaubat, maka dia akan naik derajatnya.

Syekh Idris menyambapaikan, tingkatan sungai (Metode Pembersihan Jiwa) ini terbagi menjadi tiga; mudah, agak sulit, dan sulit.

  1. Tingkatan pertama (mudah) adalah Memperbanyak Istighfar. Amalan ini mudah, akan tetapi kita tidak tahu istigfar mana yang diterima oleh Allah swt. dari kita. Oleh sebab itu, ada adab dan syarat dalam beristighfar, yaitu Niat melakukan istigfar karena Allah swt., tidak karena yang lain.
  2. Tingkatan kedua (agak sulit) adalah Melakukan kebaikan. Berdasarkan hadis Rasulullah, yaitu _”Bertakwalah kamu kepada Allah di mana pun kamu berada. Iringilah kejelekan yang telah kamu lakukan dengan kebaikan”. Juga hadis-hadis lain yang berkaitan dengan kebaikan yang kontinyu, seperti “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya, dan lain-lain. Karena Allah tidak pernah zalim kepada kita. Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan, Allah akan membalasnya.
  3. Sedangkan tingkatan ketiga (sulit) adalah Ujian atau Musibah. Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. bersabda: “Tidaklah seorang muslim ditimpa kesulitan, sakit, dukacita, kesedihan, penderitaan, dan kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah menghapus dosa-dosanya dengan sebab itu.”

Rasulullah juga bersabda: “Ujian senantiasa menimpa orang beriman pada diri, anak, dan hartanya hingga ia bertemu Allah dengan tidak membawa satu dosa pun”.

Barang siapa yang ingin suci jiwa dan hatinya dengan tiga metode ini, maka ia harus ridho terhadap apa yang Allah tetapkan baginya, serta rela menerima pemberian-Nya. Karena orang yang tidak melakukan tiga hal tersebut dengan murni Ikhlas karena Allah, maka dia tidak dianggap sebagai orang yang disucikan di sisi Allah swt.

Zawiyah Arraudhah

Jumat, 19 Agustus 2022

Abdussalam Arfan

Bagikan ke

Hadrah Khassah Bersama Syekh Idris Al Fihri Al Fasi

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Hadrah Khassah Bersama Syekh Idris Al Fihri Al Fasi
21 August 2022

Hadrah Khassah Jakarta, Bertasbih.id – Zawiyah Arraudhah menggelar Acara Hadrah Khassah bersama Maulana Syekh Dr. Idris al Fihri al Fasi... selengkapnya

CATATAN PENGAGUM TAFSIR AL JAILANI
8 July 2022

Kitab Tafsir Al Jailani _______ Bertasbih.id – Diantara tafsir-tafsir yang ada di muka bumi ini, tentu banyak tafsir yg mengandung... selengkapnya

Pentingnya Seorang Ulama, Kyai atau Ustadz Kaya Raya
23 July 2022

Bekasi, Bertasbih.id – Khadim Zawiyah Arraudhah dan Mudir Jam’iyah Ahlut Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyah (JATMAN) Idaroh Wustho DKI Jakarta KH. Muhammad Danial... selengkapnya

Metode Qiraati Cara Praktis Baca Al Qur’an
23 June 2022

Metode Qiraati Cara Praktis Baca Al Qur’an Bertasbih.id – Metode Qiraati merupakan metode praktis dalam belajar membaca Al Qur’an dengan... selengkapnya

Dzikir Ibadah Tanpa Batas
19 June 2022

Bertasbih.id – Berdzikir kepada Allah SWT dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, dalam keadaan sedih, senang, atau yang lainnya. Dengan... selengkapnya

Shalawat Badar Shalawat Khas Indonesia
14 July 2022

Bertasbih.id – Shalawat badar merupakan salah satu shalawat yang digubah oleh ulama asal Indonesia yaitu KH. Ali Mansur. Shalawat tersebut... selengkapnya

Hadrah Khassah Bersama Syekh Idris Al Fihri Al Fasi